MEMAKNAI KE-SUCI-AN DAN KE-MENANG-AN

SUCI (bersih, tak bernoda). ayah bunda mengenalkan makna suci kepada anak-anak haruslah sesuai dengan tahapan usianya. Ketika mereka masih kanak-kanak, kata suci identik dengan bersih secara jasmani…Bertahap, anakpun dikenalkan bahwa makna suci memiliki arti yang lebih dalam konteks spiritual.
Jika anak ayah bunda sudah mulai menginjak masa pra remaja, mulailah mengenalkan pada konsep kesucian hati, yang akan mengantarkan mereka pada keikhlasan dalam setiap tindakan/perbuatan; berbuat hanya dan karean Allah saja.

MENANG (unggul, mengalahkan diri sendiri). ayah bunda anak-anak lebih mudah mengenal dan memahami kata menang saat mereka terlibat dalam kegiatan lomba atau kompetisi, karena jika ada yang menang pasti ada yang kalah. Padahal, menang punya makna yang jauh lebih dalam. Tapi itu tidak masalah…
Biarkan anak-anak kita memahaminya secara bertahap. Perlahan tapi pasti, mereka akan tahu, menang bukan sekedar mengalahkanmusuh atau lawannya. Menang intinya berarti mampu melawan atau mengelola keinginan atau hawa nafsu yang datang dari dalam dirinya sendiri. Terutama apabila harus memenangkan pikiran, niat atau nafsu yang tak baik.
Menang juga tidak harus mendapat hadiah yang sifatnya materi. Atas kemenangannya, anak-anak juga bisa mendapat apresiasi berupa kemudahan yang diberikan oelh orang-orang di sekitarnya. Jika memperoleh kemenangan, ayah bunda haruslah mengingatkan agar anak-anak tidak menjadi sombong. sebaliknya, jika anak-anak mengalami kekalahan, juga tak boleh putus asa, agar pada kesempatan berikutnya dengan usaha yang lebih maksimal bisa menjadi pemenang…

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H…MOHON MAAF LAHIR BATIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

What is 14 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)